KPU Pinang Targetkan 75 Persen Partisipasi Pemilih

BAROMETERRAKYAT.COM, TANJUNGPINANG. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang Aswin Nasution menargetkan partisipasi masyarakat setempat mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebanyak 75 persen.

“Target secara nasional kita 75 persen,” kata Aswin saat ditemui Barometerrakyat di Kantor KPU Kepri, Kamis (27/9).

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Aswin, KPU akan aktif melakukan sosialisasi, seperti KPU Goes To School dan KPU Goes To Kampus.

“Goes To School direncanakan seluruh SMA dan SMK serta kampus di Tanjungpinang,” ucapnya.

Dia mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk menggaet pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada pesta lima tahun sekali itu.

Selain itu, KPU juga akan membentuk forum pemuktahiran data pemilih. Menurutnya, dalam forum tersebut akan membahas pemilih pemula.

“Hari Minggu ini kita akan bentuk forum pemuktahiran data pemilih. Salah satu akan dibicarakan di forum itu terkait pemilih pemula. Karena berdasarkan undang-undang yang bisa memilih dan datang pada hari H itu yang belum masuk DPT adalah pemilih yang sudah memiliki KTP. Sementara di aturan dinas kependudukan setelah umur 17 baru bisa mencetak KTP, itu yang menjadi persoalan saat ini,” ujarnya.

Selain itu, tambah Aswin, untuk mencapai target tersebut yang sangat berperan penting adalah partai politik dan para calon wakil rakyat yang ikut pemilu.

“Yang paling berperan penting adalah parpol dan caleg, bagaimana mereka bisa meyakinkan pemilih atau konstituennya kenapa harus datang ke TPS untuk memilihnya. Kemudian meyakinkan konstituen bahwa dia layak dan pantas untuk dipilih. Kalau hanya mengharapkan KPU nanti tidak akan maksimal,” tukasnya.*

Komentar

Terbaru