Peringatan Hari Santri Nasional Marlina Ajak Para Santri Bangun Kepri Lebih Maju

  • Whatsapp

Plt Gubernur Kepri Marlin Agustina saat memimpin apel Hari Santri Nasional 2024 di Batam Kepulauan Riau

BR.TANJUNGPINABG – Peringatan hari Santri Nasional 22 Oktober 2024
Plt Gubernur Kepri Marlin Agustina mengatakan,
Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena.

Saat memimpin apel   Hari Santri Nasional di Dataran Engkuputri, Kota Batam, Selasa (22/10) Marlin berpesan agar para santri ikut menjaga warisan nilai-nilai luhur bangsa yang diwariskan para pendahulu.

Selain itu, santri juga harus berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik.

Saat membacakan sambutan Menteri Agama, Marlin
mengingatkan satu bait dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang artinya: seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai, ketika sang kiai wafat.

Ia menambahkan, seperti bait dari kitab Alfiyah tersebut, tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu. Yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

“Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern,” kata Marlin.

Marlin menambahkan bahwa masa depan Indonesia ada di pundak para santri. Karena itu, Hari Santri tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.

“Santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden, dan negeri ini punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan negara punya wakil presiden berlatar belakang santri, yaitu KH. Ma’ruf Amin.l,” tutupnya.

Penulis: ERWIN

Pos terkait

Comment