Rawan Konflik Dengan Negara Tetangga,Pulau Tokong Berlayar Jadi Pengawasan Rutin Polsek Palmatak

  • Whatsapp

Personil Polsek Palmatak saat patroli di Wilayah pulau terluar Tokong Berlayar.

BR.ANAMBAS – Polsek Palmatak melaksanakan patroli di wilayah perbatasan pulau terluar Tokong Berlayar Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kapolsek Palmatak Iptu Kristian menjelaskan Pulau Tokong Belayar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Natuna dan Laut Cina Selatan serta berbatasan dengan negara Malaysia.

Pulau Tokong Belayar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kepulauan Anambas, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah utara dari Bandar Udara Matak dengan koordinat 3° 27′ 4″ LU, 106° 16′ 8″ BT.

Sebelum berangkat Kapolsek memberikan arahan dan berdoa sebelum melaksanakan kegiatan patroli di wilayah perbatasan pulau terluar Tokong Berlayar.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang wajib kita laksanakan mengingat Tokong Berlayar ini merupakan salah satu pulau terluar yang berada di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas dan masuk di dalam wilayah Kepolisian Sektor Palmatak. Oleh karna itu saya mengharapkan kepada seluruh personil yang ikut dalam kegiatan patroli perbatasan pulau terluar ini agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta berhati-hati dan memperhatikan keselamatan,” ucap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, butuh perjuangan yang keras untuk bisa sampai ke pulau yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Setelah sampai di puncak tokong Belayar, Kapolsek bersama seluruh personil langsung mengibarkan bendera Merah Putih serta memberikan penghormatan yang disertai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sebagai wilayah terdepan pulau Tokong Belayar, rawan menjadi daerah konflik dengan negara tetangga, untuk itu perlu dilakukan patroli rutin untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Penulis: RONY

Pos terkait

Comment