Vaksin Polio Masih Rendah,Ansar Ingatkan Kepala Daerah Tuntaskan Hingga 95 Persen

  • Whatsapp

Ansar saat memberikan vaksin polio
kepada balita

BR.TANJUNGPINANG–Untuk memastikan target imunisasi polio di seluruh wilayah Kepri tercapai,
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, turun langsung ke lapangan untuk mengevaluasi dan meninjau pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Posyandu Harum Jaya, Tanjungpinang, Kamis (22/8).

Melalui daring, Ansar menekankan kepada Kepala daerah Kabupaten Kota SE Kepri, pentingnya program imunisasi polio sebagai langkah preventif untuk mencegah penyakit yang tidak bisa disembuhkan ini.

“Polio adalah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah. Mencegahnya harus kita lakukan melalui vaksin polio secara dini untuk anak-anak balita dan bayi berumur 0 sampai 7 tahun. Ini adalah kewajiban kita semua,” ujarnya.

Ia juga menyoroti pentingnya akurasi data dalam pelaksanaan imunisasi ini.

“Kemarin capaian kita baru 74% lebih, berada di urutan keempat terbawah dari 38 provinsi. Padahal vaksin Covid sebelumnya kita selalu berada di urutan pertama atau minimal urutan ketiga. Maka dari itu, kita wajib mengejar capaian ini hingga mencapai 95% untuk vaksin polio dosis 1,” tegasnya.

Ia mengingatkan bahwa pelaksanaan imunisasi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh setiap pemerintah kabupaten/kota.

Ansar pun memberikan peringatan tegas kepada pemerintah daerah yang tidak serius dalam menjalankan program ini.

“Jika kita tidak melaksanakan ini dengan maksimal, pemerintah bisa menuntut kita secara hukum. Maka, saya ingatkan kepada seluruh jajaran untuk benar-benar memperhatikan pelaksanaan imunisasi ini,” tegasnya lagi.

Berdasarkan data,Bintan, capaian sudah naik menjadi 87,2%, dan Anambas mencapai 83,4%. Namun, di Lingga capaiannya masih 79,7%, Tanjungpinang 76,4%, Karimun 75,6%, Batam 73,5%, dan Natuna baru mencapai 72,8%.

Provinsi Kepulauan Riau baru mencapai 75,5%, masih jauh dari target 95%.

Untuk itu, Ansar meminta seluruh jajaran pemerintah daerah untuk memastikan setiap anak di wilayahnya mendapatkan vaksin polio, baik dosis 1 maupun dosis 2.

Capaian dosis 2 di Kepulauan Riau saat ini baru mencapai 42%, dengan capaian tertinggi di Karimun 55,5%, diikuti Anambas 54,7%, Lingga 53,2%, Tanjungpinang 49,1%, dan Bintan 43,3%. Batam dan Natuna masih menunjukkan capaian yang cukup rendah, masing-masing 38,7% dan 11,7%.

Penulis :RONY BR
Editor: RASID BR

Pos terkait

Comment