PT SBC Akan Bangun Lahan Tokojo Jadi Konsep Kota Kecil Yang Indah

  • Whatsapp

BAROMETERRAKYAT.COM, BINTAN – Lahan Tokojo Kelurahan Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur akan ditata menjadi kawasan kota kecil oleh PT Sinar Bodhi Cipta (SBC) yang banyan manfaatnya bagi semua masyarakat.

“Pada lahan itu nanti ada dibangun dermaga, pasar, pelabuhan bongkar muat, pujasera, minmarket dan perumahan untuk kepentingan masyarakat,” kata Direktur Sinar Bodhi Cipta Suryono di kantornya.

Lahan tersebut ,kata Suryono, dengan luas sekitar 5 hektar sudah memiliki izin Amdal dari pemerintah daerah. Begitu juga dengan penimbunan yang saat ini sedang dikerjakan juga memiliki izin resmi dan membayar retribusi untuk daerah.

Menurut Suryono, awalnya PT SBC memiliki total luas lahan sekitar 18 hektar di Tokojo dengan surat sertifikat dan sudah dijual dan sisanya tinggal 5 hektar.

” Izin penimbunan 3,2 hektar yang saat ini sedang dikerjakan. Sedangkan sisanya 1,8 hektar lagi ada lahan mangrove atau bakau akan dijadikan kawasan hijau,” paparnya.

Ia menjelaskan, lahan tersebut merupakan padu serasi sudah putih dan saat ini masih direvisi di Bappeda Kabupaten Bintan. Setelah revisi selesai, selanjutnya, akan dibangun dermaga untuk transportasi kapal untuk mempermudah warga Kijang ke Batam.

” Pembangunan dermaga ini juga mendapat respon yang positif dari Bupati Bintan Apri Sujadi dan sudah dibicarakan dan intinya bapak Bupati mendukung untuk membangun dermaga,” ujarnya.

Disamping itu juga lanjut Suryono dari lahan sisa tersebut, PT SBC berencana akan membangun flat atau apartemen tempat tinggal untuk orang asing. Jadi, orang asing yang nantinya membeli apartemen dan tinggal ditempat tersebut bisa melihat dari dekat pemandangan yang indah dengan konsep hijau dan laut yang bagus di lokasi tersebut.

“Pembangunan konsep dengan kawasan kota kecil ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” kata Suryono.(RAMDAN)

Pos terkait

Comment