2021 UN Diganti Asesmen, Begini Penjelasan Kadisdik Bintan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir

BAROMETERTAKYAT.COM, BINTAN. Ujian Nasional (UN) di Bintan, Kepulauan Riau akan dihapus pada 2021. Hal tersebut berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

“Pada tahun 2021, dengan ujian tahun sebelumnya itu berbeda, kalau kemarin (2019) kita mengunakan ujian nasional, tahun depan akan diganti dengan asesmen,” kata Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir kepada awak media, Jumat (16/10).

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, perbedaan antara ujian nasional dengan asesmen. Kalau ujian nasional itu menggambarkan nilai dari masing-masing mata pelajaran.

Kemudian, ujian nasional dilakukan diakhir seperti kelas tiga untuk SMP dan kelas 6 untuk SD.

Sedangkan asesmen, kata dia, bisa dilakukan di pertengahan seperti kelas 2 untuk SMP dan kelas 4 untuk SD.

“Asesmen menggambarkan, bakat, prestasi anak, karakternya seperti apa dan kita akan mengarahkan kemampuan prestasinya lebih cendrung kemana,” ujarnya.

Ia menambahkan, hasil asesmen itu juga sebagai gambaran untuk pelajar bidang mana yang akan diambil jika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Misalnya kemampuannya di bidang eksakta, itu kita bisa arahkan di bidang IPA, sedangkan kemampuan di bidang IPS atau teknik dan kita bisa mengarahkan kemana pendidikan selanjutnya,” imbuhnya.

Ahmad Jailani

Pos terkait

Comment