Wagub Optimis Hasil UN Kepri Masuk 10 Besar

BAROMETERRAKYAT.COM, Tanjungpinang. Wakil Gubernur Kepulauan Riau Isdianto optimis hasil Ujian Nasional Kepri masuk 10 besar terbaik nasional.

“Saya berharap prestasi pendidikan Kepri di Indonesia bisa membaik tahun ini. Jika tahun 2017, Kepri berada di urutan ke-23 secara nasional, maka ke depan saya optimistis lebih baik lagi,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMUN 4 Tanjungpinang, Senin.

Wagub menginginkan pelajar Kepri menunjukkan prestasi di bidang pendidikan,  terutama terkait UNBK yang dilaksanakan mulai hari ini selama empat hari.

Dia memberi wejangan kepada pelajar, syarat terpenting supaya memperoleh prestasi tersebut yakni belajar dan berdoa.

“Ayo tunjukan kepada Indonesia bahwa pelajar di Kepri ini semuanya cerdas. Adik-adik jangan malas karena pendidikan ini penting. Tanpa pendidikan, kita ini tidak akan bisa apa-apa,” kata Wagub.

Di hadapan para pelajar tersebut, ia mengatakan bahwa keyakinan juga sebagai modal yang utama untuk menjawab seluruh pertanyaan.

Selain itu, seluruh peserta UNBK harus tenang, dan percaya diri. “Jangan menyontek, karena potensi kesalahannya sangat besar. Lebih baik jujur,” ucapnya.

Wagub juga mengingatkan peserta UNBK untuk menjawab soal-soal yang mudah sehingga dapat menggunakan waktu secara efisien.

Soal ujian yang kurang jelas, sebaiknya langsung ditanya kepada guru pengawas. “Jangan bertanya dengan teman kalau ada soal yang kurang jelas,” katanya.

Ia juga mengingatkan para peserta UNBK untuk menjauhi pergaulan negatif. Selama di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah, para pelajar harus memanfaatkan waktu dengan mengisi kegiatan yang positif.

Menurut dia, ada tiga hal yang harus dijauhi oleh para pelajar yakni jauhi orang-orang yang menjual atau menggunakan narkoba, pergaulan bebas dan kejahatan umum lainnya. Para pelajar harus menggunakan akal dan hati sebelum bertindak sehingga tidak terjebak dalam permasalahan tersebut.

“Waktu harus diisi dengan kegiatan yang positif, yang dapat memotivasi adik-adik menjadi lebih kreatif, inovatif dan mampu menghadapi persaingan yang ketat,” tuturnya.

Redaksi/Hum

Loading...

Komentar

Terbaru