Uban Tumbuh Pada Usia Muda, Pertanda Sakit Jantung?

BAROMETERRAKYAT.COM. ‎Kemunculan uban atau rambut putih identik dengan usia yang menua.

Namun kondisi ini juga bisa muncul lebih awal. Banyak yang menduga rambut beruban di usia muda ini dipengaruhi faktor genetik.

Para ahli baru-baru ini mengasosiasikan kondisi rambut beruban prematur dengan risiko kesehatan yang mengintai.

Sebuah studi yang dipresentasikan pada Konferensi Tahunan Perhimpunan Ilmu Kardiologi ke-69 di India misalnya, menemukan bahwa lelaki berusia di bawah 40 tahun yang sudah beruban, berisiko lima kali lebih mungkin mengidap penyakit jantung koroner.

Sementara itu, studi di tahun 2012 yang dilakukan periset di Inggris mengatakan, penuaan melanosit yang memicu pertumbuhan uban bisa dipengaruhi reaksi stres oksidatif, yang bisa merusak sel dan jaringan sehat.

Proses yang terjadi di sel rambut Anda ini mungkin terjadi di organ lain di tubuh yang memicu sederet penyakit.

Tapi jangan panik dulu. Bukti yang mendukung uban prematur menjadi tanda gangguan kesehatan belum terlalu kuat.

Steve Daveluy, M.D., asisten profesor dan direktur program Wayne State Dermatology, mengatakan bahwa jika uban muncul sebelum usia Anda 35 tahun, maka sebaiknya Anda rutin memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

“Itu berarti tidak ada salahnya untuk ekstra waspada terhadap kesehatan jantung Anda. Tapi jika yang tumbuh hanya beberapa helai uban, mungkin tidak terlalu membahayakan jantung apalagi jika Anda menjalani gaya hidup sehat,” ujar Daveluy.

Penulis  : Redaksi
Sumber : Suara.com

Komentar

Terbaru