Pagi-pagi! Kalapas Pinang Sudah Didemo Napi, Ini Sebabnya

BAROMETERRAKYAT.COM, Tanjungpinang. Pagi ini suasana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu 18 Tanjungpinang berubah menjadi riuh, pasalnya puluahan nara pidana mengelar aksi demo di dalam Lapas setempat.

Napi mulai melakukan demo sekira pukul 08.30 Wib.

Napi memprotes atas kebijakan Kepala Lapas terkait pengajuan pembebasan bersayarat harus ada nama keluarga yang menjamin.

Sebelumnya pengajuan pembebasan bersyarat boleh siapa saja yang menjamin.

“Demo masalah PB (Pembebasan bersyarat) dulukan siapa saja boleh menjamin untuk pembebasan bersayarat, sekarang tidak boleh lagi,” ungkap salah satu sumber yang tidak mau dimuat namanya kepada Barometerrakyat.com, Senin (26/3).

Dia mengatakan, banyak napi yang sudah mengajukan pembebasan bersyarat, karena penjamin harus anggota keluarga yang ada dalam Kartu Keluarga (KK), berkas napi seluruhnya  yang pembebasan bersyarat  harus dikembalikan.

Menurutnya, napi yang mengajuan bebas bersyarat setelah menjalani dua per tiga masa hukuman.

“Sekarang sudah puluhan orang mengajukan pengurusan, katanya sekarang tidak boleh lagi. Sekarang orang itu yang sudah mengurus, PB yang sudah dipulangkan semua,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pengajuan pembebasan bersyarat harus dijamin anggota keluarga baru merupakan kebijakan kepala lapas yang baru. “Kalau dulu siapa saja boleh menjamin,” ucapnya lagi.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah Kepala Lapas Batu 18 Tanjungpinang masih belum dikonfirmasi.

SAHRUL

Loading...

Komentar

Terbaru