MTQ Kota Tanjungpinang Resmi Dibuka

BAROMETERRAKYAT.COM, Tanjungpinang. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XII Kota Tanjungpinang resmi dibuka oleh Penjabat Walikota Tanjungpinang Raja Ariza di Terminal Sungai Carang, Rabu (18/4) malam.

Dalam sambutannya, Raja Ariza menyampaikan melalui MTQ ini diaplikasikan dalam kehidupan agar tercipta masyarakat yang Qurani. “Dalam konteks pembangunan, MTQ merupakan wahana untuk menciptakan masyarakat dan generasi qurani. Mampu menyerap nilai-nilai dan kandungan Al-Qur’an sehingga dapat memposisikan dirinya sebagai agen perubahan sosial dalam pola kehidupan bermasyarakat.” Ungkapnya.

Raja Ariza juga menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh kafila. “Selamat bertanding kepada seluruh kafilah, semoga dapat menjadi yang terbaik untuk mewakili Kota Tanjungpinang di tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lingga pada bulan Mei mendatang.” Ucapnya.

Pada MTQ ini terdapat beberapa cabang dan golongan yang akan dilombakan meliputi, cabang lomba Tilawah golongan Tartil putra dan putri, anak-anak, remaja, dewasa, golongan Qira’at Saba’ah dan Qira,at Al-Qur’an.

Cabang Hifzil Al-Qur’an, golongan 1 Juz dan tilawah, 5 Juz dan tilawah, dan 10 Juz dan tilawah. Lomba Qasidah, lomba marawis remaja dan dewasa, lomba pawai ta’aruf, dan lomba stand bazar. Lokasi lomba berada di arena utama Terminal Sungai Carang.

Cabang Musabaqah Maqalah Al-Qur’an, Cabang Khath Al-Qur’an golongan naskah, hiasan mushaf, dan dekorasi, akan berlangsung di Gedung Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Sementara untuk Cabang Fahm Al-Qur’an dan Syaril Al Qur’an, akan dilaksanakan di Gedung Aisyah Sulaiman. Kemudian ditambah dengan lomba Kompang dan Marawis yang diikuti oleh seluruh Kecamatan se-Kota Tanjungpinang. Tema yang diangkat pada MTQ tahun ini adalah  “MTQ ke-XII Kota Tanjungpinang Tahun 2018 kita junjung tinggi nilai-nilai ajaran Al-Qur’an dalam kebersamaan, gotong royong menuju Kota Tanjungpinang yang gemilang”

Foto/Narasi : Humas

Komentar

Terbaru